100% Pure

Tuesday, November 12, 2013

Kapan terjadi OVULASI

Semua manusia normal memiliki masa yang tepat untuk reproduksi. Pada Wanita, masa tersebut dikenal dengan masa subur wanita, atau di sebut juga masa ovulasi.
Ovulasi merupakaan saat sel telur masak dan siap di buahi, yang hanya terjadi sekali dalam sekali siklus, dan hanya dapat bertahan hidup selama 24 jam.

Masa subur Wanita membentuk sebuah siklus/fase yang berbeda pada beberapa wanita. Untuk sebagian besar wanita siklus tersebut berkisar 28 hari, sementara beberapa wanita 23 sampai dengan 35 hari. Ada juga yang tidak teratur dan sangat bervariasi panjang siklusnya setiap bulan, sehinggasulit di pelajari polanya. Siklus tersebut di katakan sebagai fase futeal.

Untuk Wanita yang memiliki siklus teratur sepanjang 28 hari, maka saat ovulasi sekitar hari ke 14dihitung dari hari pertama haid
Perlu diingat, bahwa sperma dapat bertahan hidup selama 72 jam, atau 3 hari. Maka bila anda tidak menghendaki terjadi pembuahan, maka berhati-hatilah saat berhubungan seksmulai hari ke 11 sampai masa haid tiba.

Sebaliknya bila anda sangat mendambakan buah hati, maka perbanyak frekwensi hubungan seks pada hari ke 11 sampai masa haid tiba. Karena ovulasi bisa terjadi sewaktu-waktu pada rentang masa itu, mengingat ovulasi hanya terjadi sekali dan hanya bertahan selama 24 jam, sedangkan sperma bisa bertahan selama 3 hari atau 72 jam maka jangan sampai anda melewatkan lebih dari 3 hari tidak berhubungan seks.

Perhitungan tersebut hanya efektif bagi wanita dengan siklus haid teratur, baik dengan siklus pendek (23 hari) maupun siklus yang panjang (35 hari). Namun untuk siklus yang tidak teratur akan lebih rumit perhitungannya. Untuk itu di sarankan bagi wanita yang memiliki haid tidak teratur, untuk melakukan pemeriksaan fisik sederhana sebagai berikut:

  1. Periksa suhu badan pada waktu yang sama setiap pagi sebelum beranjak dari tempat tidur. Suhu badan akan naik menjelang ovulasi. Berhati-hatilah, karena terkadang kenaikan suhu badan yang kecilpun bisa berarti anda telah berovulasi.
  2. Menjelang ovulasi, lendir vagina berubah menjadi lebih encer dan bila di reba seperti jaringan transparan
  3. Gunakan test pact kesuburan

No comments:

Post a Comment